10 HAL YANG HARUS DIHINDARI DALAM BERBISNIS E-COMMERCE

10 HAL YANG HARUS DIHINDARI DALAM BERBISNIS E-COMMERCE

Jika Anda mulai berpikir untuk menjadi seorang pebisnis dalam bidang e-commerce, jangan sampai Anda melewatkan beberapa tips berbisnis e-commerce yang sangat penting untuk diperhatikan. Langkah memulai bisnis e-commerce mungkin akan terasa sulit di awalnya, namun jangan khawatir. Jika Anda tekun menekuninya dan pantang menyerah, pastinya Anda akan terhindar dari beberapa kesalahan dalam berbisnis e-commerce. Maka dari itu, simaklah 10 hal yang harus dihindari dalam berbisnis e-commerce, terutama bagi para pemula.

 

  1. Tidak fokus dan terlalu banyak ide

Sebagai pebisnis pemula, tampaknya orang akan cenderung untuk memiliki impian yang besar di banyak bidang, tanpa mempertimbangkan apakah semua hal tersebut mungkin untuk diwujudkan. Ketimbang untuk memikirkan terlalu banyak ide yang mungkin impossible, lebih baik berfokus untuk memastikan pelanggan – pelanggan utama Anda mendapatkan pelayanan terbaik.

 

  1. Tidak konsisten dalam menjalankan bisnis

Kekonsistenan merupakan hal yang harus dimiliki dalam berbisnis online. Jika seorang pebisnis online yang baru memulai usaha bersikap tidak konsisten dan mudah berpindah haluan, maka bisnis apapun yang baru dijalankan tersebut tidak akan dapat berkembang.

 

  1. Bekerja bukan bidang keahliannya

 

Terkadang orang hanya ingin berbisnis berdasarkan intuisinya saja, tanpa mempertimbangkan apakah bidang e-commerce yang ingin dijalankan tersebut sudah sesuai dengan keahliannya atau tidak. Hal itulah yang akan membuat e-commerce tidak berkembang.

  1. Tidak memperhatikan suara konsumen/pelanggan

 

Jika seorang pebisnis mengabaikan keinginan pelanggan dan hanya berfokus untuk menjalankan ide bisnisnya, maka ia telah melakukan kesalahan besar. Bagaimanapun, pelanggan adalah sumber penghasilan dari bisnis e-commerce tersebut yang seharusnya diperhatikan.

 

  1. Tidak memberikan inovasi

Persaingan bisnis yang ketat dalam dunia e-commerce akan sangat sulit dimenangkan apabila Anda tidak menghadirkan produk yang baru atau tidak menghadirkan inovasi apapun dari yang sudah ada sebelumnya. Pelanggan akan lebih tertarik jika ada sesuatu yang baru, baik dalam hal fitur, produk, kemudahan, ataupun yang lainnya.

 

  1. Tidak mempunyai tim kerja

Jangan pernah menyepelekan tim kerja dalam bisnis Anda. Tim kerja yang solid dan berkompeten di bidangnya masing–masing, akan membangun bisnis Anda menjadi bisnis yang berkembang dan sukses.

  1. Tidak memaksimalkan sosial media

Kekuatan sosial media terutama dalam bidang pemasaran, tidak dapat diragukan lagi. Pemula bisnis e-commerce yang tidak menggunakan sosial media sebagai sarana pemasaran yang baik, akan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan bisnisnya dengan sukses.

 

  1. Tidak tahu dimana mencari pelanggan

Pelanggan yang potensial untuk bisnis e-commerce anda seharusnya dimanfaatkan sebagai ladang sumber pendapatan anda. Jika seorang pebisnis tidak tahu dimana mencari pelanggannya, maka ia akan salah menerapkan strategi juga untuk perkembangan bisnisnya tersebut.

 

  1. Bersikap pesimis dan mudah menyerah

 

 

Keyakinan dan semangat juang yang tinggi sangat diperlukan oleh pebisnis pemula dalam e-commerce. Jika dari awal saja sudah setengah hati dan mudah menyerah dalam menghadapi setiap masalah, maka bisnis tersebut tidak akan berkembang dengan baik.

 

  1. Hanya mengandalkan intuisi dan perasaan untuk berinovasi

Tidak semua hal dapat berjalan sesuai dengan rencana, apalagi bila hanya mengandalkan intuisi dan perasaan. Untuk mengembangkan sebuah bisnis dan menjalankannya agar bisa sukses, dibutuhkan juga ilmu pengetahuan, strategi, serta saran dan pengalaman dari orang lain. Banyaklah belajar dari kisah sukses orang lain sebagai referensi untuk mengembangkan bisnis Anda.

Hindarilah hal – hal tersebut dan pelajarilah seputar digital marketing dengan baik. Apalagi di era digital marketing saat ini yang semuanya serba digital, maka kita pun harus membekali diri dengan sebaik mungkin jika berkecimpung di dunia e-commerce. Digital marketing dan e-commerce sangat erat kaitannya. Dengan belajar digital marketing Anda akan mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk e-commerce Anda.

Mau belajar seputar digital marketing? International Design School (IDS) punya program khusus digital marketing yang bisa dicoba. Selengkapnya bisa cek di http://www.idseducation.com/ atau bisa cek di Instagram atau facebook kita di Idseducationcom

 

Source:

1   2    3

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *