5 Cara Membuat Video Stop Motion

5 Cara Membuat Video Stop Motion

5 Cara Membuat Video Stop Motion

Membuat video stop motion adalah cara yang paling tepat untuk menggabungkan hasratmu dalam fotografi dan videografi secara bersamaan. Video stop motion adalah cara yang menyenangkan dan tren untuk dilakukan. Jika kamu mengetahui film-film yang dilakukan oleh LEGO, kamu juga sekarang bisa melakukannya.

Penasaran apa yang harus kamu lakukan untuk membuat video stop motion? Berikut caranya:

  1. Menentukan konsep

Sebuah video stop motion dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai subyek, orang, mobil-mobilan, mainan, dan sebagainya. Dalam tahap ini, lakukan brainstorm untuk menentukan visual seperti apa yang ingin kamu buat. Setiap elemen dalam visual tersebut akan menjadi penting karena menceritakan suatu cerita.

 

  1. Membuat storyboards

Hal terpenting untuk membuat video stop motion adalah dengan membuat rencana melalui storyboards. Tanpa perencanaan yang jelas, kamu akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengambil gambar karena tidak tahu alur ceritanya. Rencana juga memudahkanmu ketika sudah memiliki banyak gambar karena yang kamu lakukan hanya tinggal menyusunnya mengikuti storyboards yang sudah kamu buat.

 

  1. Mengambil gambar

Dalam pengambilan gambar jangan melakukan proses editing untuk setiap gambar yang kamu ambil karena akan memakan waktu lama. Sebaliknya, ambil saja gambar sebanyak mungkin sesuai storyboards karena konsep dari stop motion adalah gabungan dari banyaknya gambar. Jangan lupa untuk menggunakan format manual dari kamera karena jika menggunakan auto, bisa saja ada pengaturan yang berubah dan tidak sama antar foto. Pastikan juga kamera sudah berdiri dan tidak bergoyang, karena sedikit saja ada goyangan, mungkin akan merusak perencanaan atau cerita dari setiap gambar.

 

  1. Tambahkan audio untuk menambahkan emosi dan kesinambungan cerita

Pilihlah audio yang tepat! Ada audio yang hanya bisa menjadi musik saja, ada juga audio yang malah menambah nilai dari suatu adegan. Tetapkan fungsi dari audio itu dalam setiap adegan, apakah menjadi narasi atau hanya sebuah suara saja.

 

  1. Edit video stop motion

Nah, dalam melakukan proses editing, entah menggunakan aplikasi apapun, lakukan dengan mempertimbangkan setiap timing dan langkah dari obyek dalam gambar. Lihat kembali storyboards yang kamu buat, musik yang kamu pilih dan kamu sudah menyelesaikan video stop motion kamu. Banyak berbagai software yang bisa membantu kamu dalam hal mengedit video stop motion, seperti Adobe Premiere, Adobe Flash, Jelly Cam,Pivot Animator, dan  qStopMotion.

Bagaimana? mudah kan membuat stop motion? nah, tunggu apalagi? buatlah hasil kreasimu sendiri dan buktikan kalau kamu punya bakat yang luar biasa. So, buat kamu yang mau tahu lebih banyak lagi soal teknik dan cara-cara mengedit video menggunakan sofware-software yang lebih expert lainnya? yuk asah bakat dan kemampuan yang kamu miliki di IDS | International Design School. Langsung aja cek di instagram, facebook atau  website kita di www.idseducation.com

 

Sumber artikel

1  2  3

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *