Malas Pakai Masker Saat Naik Motor Bisa Bikin Radang Tenggorokan

Malas Pakai Masker Saat Naik Motor Bisa Bikin Radang Tenggorokan

Saat mengendarai motor, ada saja orang yang malas mengenakan masker. Padahal, kelalaian ini bisa menyebabkan radang tenggorokan.

 

Debu jalanan dan polusi udara tentunya menjadi ‘sahabat dekat’ para pengendara motor. Ironisnya, masih ada orang yang malas mengenakan masker saat menaiki kendaraan roda dua tersebut. Tak tanggung-tanggung, radang tenggorokan bisa menyerang.

 

Pengendara motor sudah pasti menjadi orang yang paling rentan terkena radang tenggorokan. Sebab, sehari-hari mereka beraktivitas di jalanan dan terpapar polusi udara serta debu di jalanan. Jadi, sudah sepatutnya Anda yang setiap hari menggunakan motor lebih menjaga diri dengan mengenakan masker.

 

Pentingnya masker menangkal radang tenggorokan

Dijelaskan oleh dr. Dyah Novita Anggraini kepada KlikDokter, radang tenggorokan merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi dan menyerang organ bagian tenggorokan.

 

“Umumnya radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan atas. Jenis bakterinya adalah Streptococcus pyogenes dan Streptococcus kelompok A. Sedangkan, jenis virus yang sering menyebabkan radang tenggorokan adalah influenza, virus penyebab campak dan virus penyebab cacar air,” jelasnya.

 

Bila seseorang sudah terkena radang tenggorokan, maka ia akan mengalami demam, muncul benjolan di leher, suara terdengar serak, dan kesulitan saat menelan.

 

Nah, agar tak mengalami hal tersebut, ada baiknya Anda menggunakan masker saat mengendarai motor. Langkah sederhana ini bisa menghindarkan Anda dari bahaya radang tenggorokan.

 

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, radang tenggorokan memang bisa terjadi akibat paparan iritan seperti debu.

 

“Radang tenggorokan bisa saja menimpa para pengendara motor bila tak menggunakan masker atau pelindung hidung dan mulut. Karena pada akhirnya debu bisa saja masuk dan menyebabkan iritasi di tenggorokan,” terangnya.

 

Mengenakan masker saat mengendarai motor mungkin terkesan sepele. Terkadang, wanita juga malas mengenakan masker karena khawatir riasan yang telah dipoles berantakan. Padahal, hal sederhana ini amat berkontribusi terhadap kondisi kesehatan Anda. Setidaknya, dengan mengenakan masker saat naik motor, risiko Anda terkena radang tenggorokan menjadi lebih kecil. Jadi, jangan malas pakai masker, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *